Pages

Kamis, 05 Mei 2011

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)


STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A.   Latar Belakang


Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. 

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

B.       Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.        Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.        Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.        Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.        Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.        Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.        Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

C.      Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.                                Mendengarkan
2.                                Berbicara
3.                                Membaca
4.                                Menulis.

Pada akhir pendidikan di SD/MI, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.



D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan
1.        Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps 


1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
Berbicara
2.        Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat

2.1   Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2   Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Membaca
3.        Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

3.1   Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
3.3   Menemukan makna dan informasi  secara  tepat dalam kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai
Menulis
4.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat


4.1   Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2   Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3   Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
4.4   Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)



      Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.      Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun  

5.1     Menyampaikan kembali isi  pengumuman yang dibacakan
5.2     Menirukan pembacaan pantun anak   dengan lafal dan intonasi yang tepat  
Berbicara
6.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berbalas pantun  dan bertelepon

6.1     Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2     Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
  
Membaca
7.        Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun

7.1     Menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf melalui membaca intensif    

7.2     Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

7.3     Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  karangan, pengumuman, dan pantun anak


8.1     Menyusun  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2     Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.3     Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun



Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan
1.        Memahami  penjelasan narasumber dan cerita rakyat  secara lisan

1.1  Menanggapi penjelasan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun berbahasa
1.2  Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya
Berbicara
2.        Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara  


2.1     Menanggapi  suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya  dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan   hasil pengamatan/kunjungan  dengan bahasa runtut, baik, dan benar   
2.3     Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa 
Membaca
3.        Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi

3.1     Membaca  teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2     Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata  per menit  
3.3     Membaca  puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat 
Menulis
4.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

4.1     Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan  pilihan kata dan penggunaan ejaan
4.2     Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3     Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga  tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya



Kelas V, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.        Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan


5.1     Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan
5.2  Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)    
Berbicara
6.        Mengungkapkan pikiran dan perasaan  secara lisan dalam diskusi dan bermain drama

6.1     Mengomentari  persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.2     Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7.        Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

7.1     Membandingkan isi  dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas  
7.2     Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai  
7.3     Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Menulis
8.        Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan  puisi bebas

8.1     Meringkas isi buku  yang dipilih sendiri  dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2     Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan 
8.3     Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat




Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.   Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan

1.1  Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan   
1.2     Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
Berbicara
2.   Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan  

2.1     Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
  2.2   Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun

Membaca
3.    Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas  

3.1     Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan   
3.2     Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)     
Menulis
4.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase

4.1  Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar
4.2     Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
4.3     Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4     Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi

      Kelas  VI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.   Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek 

5.1     Menyimpulkan  isi berita yang didengar dari televisi atau radio  
5.2     Menceritakan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan
Berbicara
6.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi 

6.1  Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat
6.2     Melaporkan isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3     Membacakan puisi  karya sendiri  dengan ekspresi yang tepat  
Membaca
7.    Memahami teks dengan   membaca intensif dan membaca teks drama

7.1     Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif  
7.2     Mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak  
Menulis
8.   Mengungkapkan pikiran dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  naskah pidato dan surat resmi

8.1     Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
8.2     Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju


E.  Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More